Friday 7 October 2016

KOMUNIKASI TEORI ORGANISASI UMUM 2 2016 (2KA07)

Ilmu Komunikasi adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial dapat mengisyaratkan bahwa komunikasi itu sangat penting untuk membangun konsep dalam diri, untuk mengaktualisasikan diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, dan terhindar dari ketegangan dan tekanan antara lain dengan melalui komunikasi yang menghibur, dan juga untuk memupuk hubungan luas dengan orang lain komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan  menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya.
Tujuan Komunikasi
                       Ø  Agar pesan yg disampaikan dpt dimengerti
                       Ø  Untuk memahami orang lain
                       Ø  Agar gagasan kita dpt diterima orang lain
                       Ø  Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu (kegiatan)

komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :
1. Pengirim (Sender) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
2. Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
3. Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima
4. Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
5. Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
6. Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
7. Umpan balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.

Komunikasi formal
adalah komunikasi yang mengikuti rantai komando yang dicapai oleh hirarki wewenang. Komunikasi informal adalah komunikasi yang terjadi diluar dan tidak tergantung pada herarki wewenang.

Komunikasi informal ini timbul karena adanya berbagai maksud, yaitu
- Pemuasan kebutuhan manusiawi,
- Perlawanan terhadap pengaruh yang monoton dan membosankan,
- Keinginan untuk mempengaruhi perilaku orang lain,
- Sumber informasi hubungan pekerjaan.


Komunikasi dapat dikatakan efektif apa bila komunikasi yang dilakukan dimana :
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3. Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.

Setelah saya mempelajari komunikasi beberapa minggu ini dapat saya simpulkan bahwa komunikasi telah dilakukan dari kita lahir yaitu dengan kita menangis & ilmu komunikasi adalah ilmu yang paling tua. Karena jika kita pikirkan dengan logika dapat dikatakan bahwa segala hal di dunia ini menggunakan dasar komunikasi dalam apapun.
Huruf yang selama ini kita ketahui adalah sebuah symbol dalam komunikasi alphabet,braile,Arabic,kanji,hiragana,katakana,hangul, dll itu adalah symbol yang membantu dalam berkomunikasi



No comments:

Post a Comment