Sunday 27 March 2016

Wayang Favorit (ILMU BUDAYA DASAR)



Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Sebenarnya, pertunjukan boneka tak hanya ada di Indonesia karena banyak pula negara lain yang memiliki pertunjukan boneka. Namun pertunjukan bayangan boneka (Wayang) di Indonesia memiliki gaya tutur dan keunikan tersendiri, yang merupakan mahakarya asli dari Indonesia. Untuk itulah UNESCO memasukannya ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia pada tahun 2003.

          Bicara Soal wayang memang tidak ada habisnya dari zaman orang tua kita kecil sampai kita menjadi remaja  bahkan sampai kita dewasa pun mungkin masih eksis kebudayaan yang sangat istimewa ini.
          Jujur saja walaupun wayang sangat banyak tokohnya, tetapi saya hanya menyukai satu wayang yaitu Bagong, Ki Lurah Bagong adalah nama salah satu tokoh panakawan dalam kisah pewayangan yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tokoh ini dikisahkan sebagai anak bungsu Semar. Dalam pewayangan Sunda juga terdapat tokoh panakawan yang identik dengan Bagong, yaitu Cepot

PENOKOHAN
Sebagai seorang yang sifatnya menghibur penonton wayang, tokoh Bagong pun dilukiskan dengan ciri-ciri fisik yang mengundang kelucuan. Tubuhnya bulat, matanya lebar, bibirnya tebal dan terkesan memble. Dalam figur wayang kulit, Bagong membawa senjata kudi.
Gaya bicara Bagong terkesan semaunya sendiri. Dibandingkan dengan ketiga panakawan lainnya, yaitu Semar, Gareng, dan Petruk, maka Bagong adalah sosok yang paling lugu dan kurang mengerti tata krama. Meskipun demikian majikannya tetap bisa memaklumi.
Seperti yang kita ketahui bagong atau yang biasa kita sebut Cepot adalah sesosok wayang dimana memiliki sifat menghibur dan konyol itu yang membuat  saya menyukai tokoh tersebut

Mungkin Wayang memang sudah tak terlalu menarik di kalangan anak zaman sekarang, tetapi alangkah baiknya jika kita mengetahui budaya Indonesia yang keren ini. Untungnya sekarang banyak beberapa acara telvisi yang menggukanan wayang dalam acaranya. Pesan  yang dapat saya sampaikan tidak kurang dan tidak lebih yaitu Tetap Mencintai Budaya dalam negeri kita.

No comments:

Post a Comment